Apr 17, 2007

Debatting.com

Dapat tugas dari anak sulungku Fikri untuk mencari bahan sains "Teori Bumi Bulat". Kami browsing timbul tenggelam dilautan maya. Pada search engine terdapat beberapa pilihan bahasan. Tapi kok?
Semua orang rasanya mendadak ahli sains dan ahli kitab. Semua yang membahasa tentunya merasa yang paling benar juga. Dari yang menyalahkan buku karya si anu.... terus yang menghujat kebenaran Alquran yang tidak sesuai dengan sains... dari sesama ulama pun menghujat ulama/penulis Islam senior Said Qutb.
Yang bingung aku harus pilih mana dari bahan pelajaran sains yang sejak lama dipelajari. Dari dulu sampai sekarang kok gak pernah berhenti memperdebatkan bumi bulat atau rata.
Tapi menurutku di dalam Alquran itu penjelasannya dari sudut pandang manusia. Apalagi manusia dibekali Akal fikiranuntuk mencari tahu. Kalau semua dituliskan teks pada Alquran, manusia gak usah mikir lagi kan ... Jadi sampai saat ini buku referensi sains masih beranggapan pada bumi bulat yang mengelilingi matahari.
Internet memang sangat dipelukan untuk bahan referensi pelajaran, tapi juga harus pilah-pilih yang mana kualitas tulisan yang diambil. Bagi guru-guru zaman sekarang tanpa internet seperti menulis tanpa pena, terasa buntung. Haanya siapkah anda menerima pertanyaan siswa mengenai perdebatan-perdebatan di dunia maya?

1 comment:

Mutia&Rayga said...

iya emang gak semua dari internet bisa diambil mbak..harus pinter2 nyaring juga..ya kan?