Mar 20, 2007

Bantuan dari IASMA 1

Sebagai partisipan di alumni sekolah, ada baiknya juga untuk menshare berita ini.
informasi dari Uda Elthaf, wakil dari IASMA Riau , ceritanya panjang sekali



Alumni SMA 1 Bukittinggi Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa
Maaf, laporan ini tidak hanya laporan IASMA tapi juga laporan bantuan IKLA dan Kurai ke korban gempa
Sabtu, 17/ 03/07, 18:00, Alumni SMA Negeri 1 Bukittinggi menyerahkan bantuan berupa 15 set tenda berukuran 8M X 12 M lengkap dengan tiang besi dan peralatan seperti martel, kunci dan penyangga lainnya kepada masyarakat Agam melalui Bupati Agam, Pak Aristo Munandar, yang terkena korban gempa yang terjadi berulang kali setelah pertama terjadi pada selasa/ 6/3 dengan kekutan 5,8 skala Richter yang meluluh latakkan sendi-sendi ekonomi masyarakat dunsanak awak di kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, kota Padangpanjang, Kab Tanahdata, Kab Solok, kota Solok dan kabupaten kota sekitarnya di Sumatera Barat.
Bantuan yang berupa Tenda itu langsung dibawa dari Jakarta, yang sebelumnya alumni SMA 1 Bkt di dengan dikoordinir oleh Alumni SMA 1 Bukittinggi di Jakarta telah menggalang kekuatan dana untuk membantu dunsanak kito yang kena korban gempa, penggalangan dana yang dipimpin oleh ketua IASMA 1 Bkt, Uda dr. H. Masfar Salim, ‘68 alumni angkatan tamat 1968, Uda Chairul Abri, 71, Add. Feri Lasman, 84 dkk telah menghimpun dana dari alumni yang nantinya juga diperuntukkan bagi recovery perbaikan gedung SMA 1 Bukittinggi yang rusak akibat gempa dan juga kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi sekitarnya
Penyerahan bantuan kemaren pukul 18:00 di Posko Gempa Agam jl. Veteran 79 Jirek Bukittinggi itu diserahkan langsung oleh perwakilan IASMA 1 Bkt di Jakarta Uda Mazni Harun, 68 disaksikan oleh perwakilan alumni dari Jakarta Uda Khairul Amri, 68, Uda Zuheimil Zis Dt. N. A, 67, dari Bukittinggi Uda Wisman, 67, dan dari Alumni dari Riau Elthaf, 80 juga disaksikan oleh jajaran majelis guru SMA 1 Bkt seperti Kasek SMA 1 Bkt Pak Drs. Parsalide, 4 arang wakil kasek seperti Pak Yusrizal, MPD, Pak Ermondri, Spd, Pak Drs. Homenar, yang juga alumni 1983, Pak Drs. Wirman, dan juga beberapa orang guru, ketua Komite Sekolah SMA 1 Bkt/ POMG SMA 1 Bkt, bantuan ini diserahkan langsung kepada Bupati Agam, Pak Drs. H. Aristo Munandar yang juga alumni SMA 1 Bkt 69, disaksikan oleh Sekkab Pak Drs. Azwar Risman Thaher, alumni SMA 1 Bkt 68, Assisten 1, Para kepala Dinas, koordinator posko bencana gempa, juga disaksikan Sespri Bupati Agam Danil Defa, alumni 1992 dan beberapa masyarakat penerima bantuan yang juga sebelumnya sudah antri untuk membawa tenda itu ke tempat mereka masing-masing., seperti dari MIN Sungai Landai IV Koto yang siswanya sangat membutuhkan tenda untuk PBM, proses belajar mengajar di MIN yang sebelum penyerahan bantuan telah diserahkan oleh Sekkab Agam kepada wakil dari MIN Sungai Landai yang disaksikan oleh alumni SMA 1 Bkt.
Nuansa alumni sangat terasa sore itu di Posko Gempa Agam karena yang hadir di ruang tamu Posko itu mayoritas alumni dan juga di kesempatan itu hadir Yohanes Datuak, alumni 1980 yang sehari-harinya kepala Bank Nagari Bukittinggi pada waktu itu mendampingi pimpinan Bank Indonesia menyerahkan bantuan.

Siangnya jam 14:00, rombongan alumni dari Padang telah datang ke posko gempa, seperti skenario sebelumnya penyerahan akan dilakukan jam 15:00 itu, tetapi karena Pak Bupati harus kembali ke Padang ada panggilan mendadak, akhirnya penyerahan itu baru bisa dilaksanakan pukul 18:00, rombongan alumni dari Padang yaitu Uda dr. Mahyuddin, 63, Uni dr. Joy, 63, Uda Rio, 63, Uda… 63, Uni Yuhefi, 79 yang merupakan dari group Yayasan Lambau di Padang, sebelumnya alumni dari Padang dan Riau berkesempatan untuk meninjau langsung Sekolah yang terkena gempa. Rombongan dari Padang kembali ke Padang tidak sempat menunggu da Mazni dan rombongan yang datang terlambat dari Jakarta. Da Mazni Harun yang Brigjen (purn) ini sewaktu di Padang ketemu dulu dengan kolega beliau, Pangdam 1 BB, Mayjen Y. Suryo Prabowo yang mendampingi WAKASAD Letjen Herry Tjahyana yang juga menyerahkan bantuan untuk masyarakat Kota Bukittinggi di Posko Pemko Bukittinggi di Lapangan Kantin, jumat,
Sebelum rombongan meninjau ke sekolah, Elthaf merupakan utusan dari alumni SMA 1 Bkt cabang Riau sekitar jam 11:00 telah meninjau langsung setiap sudut dan lantai 1-3 dari kerusakan sekolah SMA 1 Bkt, seperti tiang yang retak dan condong, dinding yang lepas, pembatas yang lepas, loteng yang runtuh, nampaknya yang agak berat yaitu bangunan wing tempat tangga, dinding yang lepas di lantai 3 nampaknya dulunya pemasangan dinding dilakukan setelah loteng terpasang, itu nampak dari loteng yang masih terpasang walaupun dinding pembatas lepas, Elthaf diantar lansung oleh kasek SMA 1 Bkt Pak Parsalide dan para wakasek seperti pak Yusrizal, pak Homenar, Pak Wirman dan Pak Ermondri,
Untuk perbaikan gedung SMA 1bkt kita tunggu rekomedasi resmi dari team yang sedang melakukan studi rusaknya gedung SMA 1 Bkt, team ini merupakan team dari Add. Suhendrik, untuk sementara jalan ke lantai 3 ditutup, nampak dalam gambar, dari 8 kelas yang ditutup di lantai 3 . maka PBM dipindahkan ke aula di belakang dan bangunan lain yang disulap untuk PMB, malah saya lihat kemaren ada yang dibawah pohon anak-anak belajar dengan khusuknya terutama dalam menghadapi UAN yang beberapa minggu lagi, juga ada isiwi yang belajar di teras samping berdiskusi dnegan kawannya.
Disamping itu Elthaf berkesempatan bersilaturrahim dengan para majelis guru, kembali kenangan 27 tahun silam seperti segar kembali, ingat para guru yang telah begitu berjasa mendidik kita, ingat dengan Ibu Nengsih, Pak Bachtar, Pak Hasan, Pak Umar, Pak Dalimo Leman, Ibu Edib Muis, Ibu Rosdiana, Pak Zamzami, Pak Azwar, Pak Abdul Razak, Ibu Aida Lawin, Pak Rivai Syarif, Ibu Nurjasmi, Ibu Nurbaya, Pak Syaiful Jazan, Pak Syafri, dan banyak lagi, saat yang sangat membahagiakan itu, ingat dengan kawan laki yang gagah-gagah nan banyak parangainyo, dan kawan cewek yang nala-nala dan lucu yang sekarang tentu lah bacucu, rambuik lah bauban.
Paginya saya ditelepon da Mazni dari Cengkareng beliau bersama Bupati Agam dalam perjalanan ke Padang, saya disuruh untuk mencek pembongkaran tenda oleh ekspedisi dan menghitung jumlahnya sebanyak 15 buah di posko jl. Veteran 79. Saya dengar konon harga satu tenda tidak kurang dari Rp. 5 jt.
Jumat, sehari sebelumnya utusan alumni dari Jakarta, add Feri Lasman, 84 telah meninjau langsung keadaan gedung SMA 1 Bkt, dan pada sabtu itu sedang berada di ruang Add. Suhendrik, 82 yang juga direktur Politeknik Unand Padang, Rekan Feri Lasman dalam kontak teleponnya bahwa sedang mendiskusikan rencana recoveri dari gedung SMA 1 Bkt yang rusak dengan Add. Suhendrik, kemaren itu juga Add. Suhendrik telah mengirimkan tenaga ahlinya untuk mencek kerusakan gedung SMA 1 Bkt, dari rekomendasi yang disampaikan team bahwa bagunan lantai tiga akan direhab, dari Feri Lasman didapat info bahwa perbaikan gedung SMA 1 Bkt yang rusak ditangani langsung oleh alumni seperti pembelian materi, ongkos perbaikan diharapkan dalam waktu dekat telah didapatkan recovery cost yang dibutuhkan. Khusus untuk perbaikan gedung SMA 1 Bukittinggi yang rusak sedang diadakan penggalangan dana dari alumni oleh IASMA 1 Bkt dari Jakarta, bandung, Padang, Bukittinggi, Riau dan Pekanbaru serta di kota lainnya.
Kurai Bantu musibah gempa di Kota Bukittinggi
Kita semua tersentak dengan musibah yang melanda kampuang kito Sumatera barat, dan kita melihat semua rang Minang dikampuang dan apa lagi di Rantau terjun langsung, tokoh masyarakat semua berbaur untuk membantu korban gempa, seperti dari BK-IKK, Badan Koordinasi Ikatan keluarga Kurai di Jakrta terjun langsung bahu membahu untuk membantu korban di kota Bukittinggi, tak kurang dari tokoh Kurai seperti pak Laksamana Madya Weldy Moerad, WAKASAL, Pak Syahrul Effendi Wali Kota Jakarta Selatan yang juga sumando alumni SMA 1 Bkt, suami Uni Tati, 76, dan Pak Kolonel AU Fakhrizal Jambek yang lama bertugas di Lanud Pekanbaru dan tokoh Kurai lainnya dari Jakarta, Pekanbaru dan berbagai kota lainnya langsung menyerahkan bantuan ke Posko Pemko Bukittinggi di Lapangan Kantin, jumat, 16/3 . terasa sekali begitu kuatnya rasa kepedulian dan senasib yang ditunjukkan oleh beliau atas musibah yang menimpa dunsanak di kampuang.
Memang dalam keadaan seperti inilah sangat diperlukan kesensivitas dan kepeduliaan dan ikatan emosionil kita terhadap sesame saudaro, seperti IKLA di Pekanbaru, (IKLA Prov Riau dan IKLA Kota Pekanbaru) juga telah menyerahkan bantuan kepada warga Sumatera Barat, itu dapat dilihat dari poto yang terpampang di posko dan telah saya repro, ada gambar Pak Nofel, Pak Ibnu dan juga di slide pemaparan saya lihat gambar pak Marjoni menyerahkan bantuan, warga di Pekanbaru apakah itu Warga IKLA atau alumni SMA 1 Bukittinggi telah menyerahkan bantuan lewat IKLA dengan mentrasfer uang ke Rekening IKLA di bank Mandiri a/n Marjoni Hendri dan Armen Syam, atau mengantarkan bantuan langsung berbentuk uang, beras, selimut, makanan instant langsung ke Posko IKLA di Jl. Kartini no. 1, kantor Biro Perjalanan Muhibbah, ada juga lewat Posko IKMR di Jl. Tuanku Tambusai dan Jl. A. Yani, seperti alumni da Johnny Sarikoen, alumni 79 yang juga ketua IKMR Siak bersama-sama IKMR Prov Riau, IKMR Pekanbaru, IKMR Pelalawan dan kabuaten lainnya telah mengantarkan bantuan senin, 12/3 ke Pemprov Sumbar dan Pemkab dan Pemko di sumatera Barat,
Begitu pula alumni SMA 1 Bkt bisa membantu lewat IKMR, IKLA dan khusus untuk perbaikan gedung SMA 1 Bkt bisa saya jemput ke alamat alumni dan saya transfer ke Rekening resmi IASMA 1 Bkt di BCA Jakarta atau bisa langsung transfer ke Rek. BCA Gondangdia Jakarta atas nama IASMA1 Landbouw Bukittinggi.
Dalam situasi seperti ini, mari kita bantu dunsanak awak di kampuang nan kanai korban gempa sesuai apa yang bisa kita bantu, bantulah dengan fasilitas, bagi yang punya, atau dengan pitih, tenaga, materi, setidak-tidaknya dengan do’a, karena kita tahu musibah itu akan jatuh kepada siapa saja, bukan tidak mungkin kita juga akan mengalami, jangan sampai ada komentar seolah-olah orang yang telah begitu bekerja dengan tulus, ikhlas dianggap “tebar pesona”, kita berpikir positif saja, walaupun bantuan itu pakai merek apa atau diekspos dengan besar-besaran, kita anggap hal yang biasa, dan kita harapkan itu semua adalah ikhlas, tulus dan mudah-mudahan akan sangat membantu bagi korban dan akan menjadi amal dan mendapat pahala dari Allah SWT, amiin.
Sabtu kemaren saja, sore itu saja dari jam 18:00, ada berbagai bantuan yang diterima langsung Bupati Agam, yaitu dari masyarakat Aceh asal Sumbar, yang dipimpin oleh Kapolres Banda Aceh yang juga kakak kandung Kapolres Agam, begitu juga ada bantuan dari UNICEF, BI, dan berbagai institusi dan organisasi lainnya.
Semoga bantuan yang begitu banyak menumpuk di Posko akan didistribusikan ke pihak yang membutuhkan dan tepat guna. Amiin.
Di kesempatan kemaren saya menyampaikan secara langsung salam dari Alumni di Riau dan IKLA di Pekanbaru dan Riau, Pak Bupati berpesan kepada Ketua Alumni SMA 1 Bukittinggi Riau dan juga ketua IKLA Riau, Pak Rasfuldi, bahwa masjid kampuang Pak Rasfuldi di Koto Gadang ikut parah kanai korban gempa, walaupun hal ini sebetulnya sudah dilihat langsung oleh Pak Rasfuldi ke kampuang beliau, tapi ini pesan khusus dari Pak Aristo ke Pak Rasfuldi, kata beliau.
Demikian laporan yang bisa saya sampaikan ke Alumni SMA 1 Bukittinggi di Riau dan juga Warga IKLA, nampaknya recovery ini akan membutuhkan waktu lama dan gema susulan masih terus terjadi, seperti tadi malam jam 20.00 dan kemaren pagi jam 2.00 telah terjadi gempa.
Kita perlu introspeksi diri dan makin mendekatkan diri kepada Alah SWT, kalau Allah SWT telah menguji umatnya misalnya dengan ujian kebaikan ataupun musibah seperti gempa tidak ada yang bisa lari, walaupun awak lah maraso urang santiang dan hebaat, mari kita peduli dan mari kita pupuk rasa persaudaraan dan kepeduliaan kita makin kita tinggikan, tidak ada yang bisa hiduik surang di dunia ini, semua telah kita saksikan dan lihat, semoga kekeluargaan kita makin kuat dan erat, amiin.
Mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan atau kurang tepat dari laporan ini.
Terimakasih
Wassalam,
Elthaf
IASMA1Bkt ‘80, Biaro IV Angkek.
Gambar dari perjalanan satu hari kemaren dapat dilihat di Drop Box, IASMA1Bkt-Gempa
Uda yg baik ini menyempatkan diri pulkam demi menyerahkan bantuan alumni di Riau, semoga dapat pahala berlimpah ya.

No comments: