Dec 9, 2008

Potong Sapi

Sejak Sabtu Faiz sudah berencana mau liat acara pemotongan sapi Qurban. Wah hebat juga nih Faiz sudah paham hari raya Qurban, naik haji ke Mekah..dan sekolah libur. Sepanjang hari itu saja bahan pembicaraan. Minggu terlalu lama.... waktu aku berkutat di dapur masak buat buka puasa pagi setelah shalat Ied..FAiz ikut bantuin sambil nyerocos tentang potong sapi.


Akhirnya saat yang ditunggu tiba. Mandi pagi sendiri - (aku masih menata meja ), selesai mandi, dipakaikan pakaian Faiz tumben gak lari-lari. Ocehannya masih seputar libur dan potong sapi. Jam 10 kami (aku, Faiz & hubby) berangkat ke Mesjid. Disana sudah ramai dan sapi-sapi sedang di ikat di pohon-pohon sekitar mesjid. Pengurus qurban sedang membacakan nama-nama kel ompok peserta qurban dan regu pemotong..Sapi-sapi sudah diberi nomor. Aku termasuk dikelompok 2. Tapi sapi no 2 tidak ada. Anggota sudah lengkap, grup pemotong juga sudah lengkap. Tapi menurut pengumuman sapi no 2 ada masalah.. Waktu aku tanya ke seorang ibu yang sekelompok dengan ku, eh aku malah dibentak ..kalau sapi tsb ada di depan kami.


Masih heran antara informasi di mic dan dilapangan...aku mulai membaca niat dan berdoa, susah payah aku menahan air mata mengingat kisah nabi Ibrahim dan Ismail. Saat pisau mulai didekatkan ke leher sapi ..aku gak sanggup dan segera berlalu. Teringat Faiz langsung ke tempat dia awal, sedang digendong hubby..dan o-o air matanya bercucuran.. Ada ada apa ini?

menatap dari kejauhan



Ternyata Faiz ketakutan dengan sapi yang meronta waktu mau disebelih. Apalagi petugas berdarah-darah yang dikira Faiz habis ditanduk sapi. Proses penjagalan , Faiz gak ngeliat, kan jarak berdiri dan tempat jagal jauh...Sorenya daging qurban yang sudah diolah jadi sate dan sup tak dimakan oleh Faiz. Malam nya Faiz sering ngigau.....sapi....sapi. Begitu juga dengan bangun tidur. kata pertama yang diteriakkan SAPI.

Menu- menu lebaran tak jauh dari ketupat...

Ketupat pulut.............dalemnya gak matang





Ketupat sayur........


kok kayak cacing kremi

Ketan srikaya

No comments: