Nov 12, 2007

Pemanasan Global

Wah judulnya sangat ilimiah, ikut-ikutan issue yang berkembang dari mulut ke mulut, media ke media. Terus bergulir. Tapi apakah kita masyarakat awam tahu persis apa itu pemanasan global apa efeknya bala---bla dsb., Peringatan hari bumi juga sudah lewat beberapa bulan yang lalu dengan slogan dimana-mana Save the Earth.

Konon pemicu pemanasan global karena penipisan ozon ini akibat para ibu yang memakai peralatan masak-memasak yang banyak melepaskan CO2. Wah tuduhannya sadis banget. Alih-alih meringankan pekerjaan dan membuat rumah jadi nyaman dan adem malah jadi tertuduh. Penggunaan AC, Lemari Es dll salah satu pemicunya. OK! berjuta ibu rumah tangga terbantu dengan peralatan listrik dalam menjalan kan pekerjaannya. Beribu Ibu yang ada di Pekanbaru menjadi modern dan mandiri. Tapi tidakkah kita lihat di berita berkilo-kilo meter bujur sangkar lahan hutan yang dibuka untuk kepentingan "segelintir" orang dengan mengatas namakan kebutuhan pabrik pulp & paper, sadisnya berkilo meter rangkaian kayu dihanyutkan disepanjang sungai siak terus menuju selat Malaka untuk berlabuh di Singapur.

Para ahli juga sudah mengemukakan teori-teori, ulasan-ulasan untuk upaya mengurangi efek rumah kaca, pemanasan global, kebocoran ozone. Lagi-lagi yang dibahas penggunaan alat-alat rumah tangga, kendaraan pribadi. Lalu hemat energi dengan menjatah penggunaan listrik,bbm. Tapi untuk rumah-rumah dinas tak diminta untuk mengurangi kebebasan menggunakan listrik ironisnya yang bayarin listrik mereka itu rakyat jelata.

Gitu deh karena esmosi batukku kumat lagi.. kok gak sembuh juga sih, mana Faiz jadi kutan batuk dan pilek. Sehat aja susah makan palagi sakit. Bakal kerja keras nih buat ngebujuk Faiz ma'am. Suhu udara naik eh tiba-tiba hujan... oww iyah udah bulan ber....ber emang musim hujan. Tapi katanya gara-gara pemanasan global iklim Indonesia berubah, wah apa kita bakal kena musim salju...hihi ngawur. Iyah kan musim hujan dan kemarau udah ga tentu datangnya, apalagi musim banjir, bisa datang setiap saat. Kalau musim duren di Pekanbaru bisa sepanjang tahun buktinya tersedia terus di jl Sudirman di sentra Durian.

Ngomong-ngomong soal duren alias durian waduh jadi kepengen makan nih, sebelum makin ngawur pamit dulu ya....its time to lunch..............

No comments: