Sep 4, 2006

Training



Majalah Nakita & Frissian Flag mengadakan seminar " KEMBANGKAN MULTIPLE INTELLIGENCES ANANK ANDA DENGAN METODE ACTIVE LEARNING "Sebagai intruktur adalah Dr. Sudjatmiko,spa(K).MSi, Marzuki Iskandar,STP,MTP .......dan kak Seto serta moderator Novita Angie.
Heboh deh ibu-ibu serta anak-anak antusias mengikuti seluruh acara. Anak-anak balita berlarian kesana kemari, ibu-ibunya gak mau kalah ikut mengejar.

Kami kebetulan dpt tiket gratis duduk satu meja diselingi anak-anak. (kecuali aku yg gak bawa Faiz). Gak kebayang kalo dia ikut, bakal ribut berlarian bergabung anak-anak lain. Dan parahnya susah bisa didiamkan. Ifa dan Amar 2 anak tt Non & tt Wat asyik mewarnai dengan buku gambar dan krayon yg dibagikan bersama brosur & angket dari Frissian Flag. Sementara bisa diamankan. Tapi 10 menit berikut mereka bergabung anak-anak lain keliling meja. Tiba-tiba ada 1 anak kira 1,5 tahun gemuk & lucu membawa tas kertas ke meja kami. Mamanya yg lagi hamil membuntuti dan mengira tas tsb tas kami lalu meletakkan begitu saja di samping kursi ku. Lumayan dapat tambahan susu dan no door prize... Sampai acara berakhir tidak aada yg merasa kehilangan....

Dr Sudjatmiko SPA menerangkan pentingnya memperhatikan tumbuh kembang anak dengan selalu menimbang BB, mengukur tinggi dan lingkar kepala. 85 % ibu-ibu mengeluhkan anaknya sulit makan, dan yg sulit makan ini kebanyakan anak mereka didiagnosa Vlek Paru. Dr Sudjatmiko mengoreksi istilah Vlek Paru dengan TB Paru. Karena pengertian Vlek paru itu rancu, seringkali ortu tidak menyadari bahaya nya sehingga melalaikan pengobatannya. Jika pengobatan TB tidak tuntas, kumannya bisa tambah ganas dan menyebar ketempat-tempat lain.

Pada penuturan ahli gizi aku tdk begitu ngikuti krn kebelet.....ah payah.

Kak Seto? oh God dari jaman jadi anak-anak dulu udah kenal yg namanya Kak Seto pada acara aneka Ria anak-anak di TVRI. Kak Seto menyapa kami dengan ..."Mantan anak-anak saya......
Penegakan disiplin tidak perlu dengan hukuman ( cubitan,pukulan,makian, bentakan) tapi ajak anak berdialog entah itu dengan cara bermain drama,menyanyi, sulap dll, lalu kami pun sibuk membuat boneka jerapah dari balon, melipat kertas dan menari bersama anak-anak dan ibu-ibu lain. Ada suatu saat harus ganti pasangan maka Iwat kehilangan anaknya yg udah bergabung dengan kelompok lain, sementara Iwat malah megangin anak orang lain.... tiba giliran ku megangin anak orang , anaknya nangiiis......... wah gawat!!!

Ternyata aku ini emang masih norak, diakhir acara sebelum makan siang nguber-nguber Kak Seto & Novita Angie minta Foto bareng...(Dr Sudjatmiko udah kabur duluan dibalik panggung)

1 comment:

eva said...

mbak ewi gak kalah cantik dari novita angienya