Apr 29, 2009

Ajo Penjual Ketoprak

Pagi itu kami ke rumah sakit mau besuk teman yang terserang stroke. Diperjalanan salah seorang teman mengeluh belum sarapan. Karena jalanan padat kami sulit untuk berhenti hanya buat beli cemilan pengganjal sementara. Sambil menahan lapar perjalanan diteruskan. Sampai diseberang rumah sakit kami melihat gerobak kakilima mangkal dan dikerumuni pembeli. Hukum berlaku jika pembeli ramai tentulah makanan yang dijual enak. Temanku tadi langsung menarik tangan ku untuk menemaninya sarapan, menuju ke gerobak tsb. Sebagian teman lain terus besuk. Cuma aku, teman dan sopir yang menyebrang dan berdesakan dengna pembeli lain

Teman ku langsung memesan
Teman :" Bang, ketoprak 3 ya..banyakin sayur,kupatnya dikit,caberawit banyak"
Penjual : " bentar ya Bu"

7 piring berjejer. Sipenjual dengan cekatan memabgi caberawit,gula,bawang putih ke masing-masing piring.Lalu mulai mengulek diatas piring itu langsung .Gerobak bergoyang-goyang. Tangannya menyambar kesana-kemari mengambil botol yang berjejer disisi gerobak. LAlu tiap sebentar melap tangannya dengan lap kotak-kota yang cukup bersih. HAnya saja tiap mengambil lap yang disampirkan dirak atas gerobak ada butiran yang jatuh. AKu perhatikan lama ternyata remahan yang bertaburan itu kacang yang sudah mengering di lap, karena si penjual tiap sebentar melap tangannya.

3 piring pertama sudah diedarkan tapi bukan bagian kami. Penjualnya merogoh-rogoh ke lemari bawah gerobak mengeluarkan bihun yang sudah direndam , tapi kok lama...piring yang lain masih kosong.Olala togenya habis, si abang ngeloyor pergi entah kemana, digantikana anak bujang seusia Fiki. Mengenakan celana jeans dengan sabuk yang ada rantainya. kaos hitam lengannya digulung. Hmmm wajahnya bersih dan cukup tampan. Dilengannya juga melingkar 2 gelang kayu. Dengan dandanan seperti ini layak juga dinobatkan sebagai fotomodel. Tapi diwajahnya tidak terbersit rasa enggan atau gengsi ikut menggoyang gerobak mengulek bahan ketoprak. Tangannya tak kalah cekatan menggoreng tahu, melap pirirng dan memindahkan piring kotor ke ember yang tersedia. Sementara Bapaknya menghilang, si bujang melanjutkan menyelesaikan 3 piring ketoprak lalu mengedarkan ke pembeli lain. Masih belum giliran kami.

Lewat 1/2 jam aku sudah mulai bosan duduk,berdiri,duduk lagi, mengamati si bujang membantu bapaknya yang sudah kembali dari pasar membawa seplastik tauge segar dan langsung mengguyur dengan air panas. Aku tidak mau berfikir soal higienis, sehat tidak sehat, karena jelas jauh dari standar HES. Belum lagi remah-remah yang selalu berjatuhan dari lap tangan kotak-kotak. Bagian kami datang..sambil si penjual mengucap maaf karena kami lama menunggu. Tapi kok...?!? logatnya seperti orang Pariaman.

Ketoprak yang laziss kata belu bule,...pedasnya pas, manisnya pas tandas dalam sekecap. Aku panggil si penjual dengan sebutan AJO yang artinya sama dengan abang. Mestinya ajo menjual sate bukan ketoprak..Dan cerita mengalir dari mulut ajo. Dulu dia merantau ke Jakarta. Ikut bantu-bantu penjual ketoprak. LAlu coba-coba berjualan sendiri.Karena menikah dikampung, Ajo tidak diizinkan balik ke Jakarta.Tapi ajo tidak biasa menjala ikan, maka diputuskan merantau ke Pekanbaru dan merintis usaha jualan ketoprak yang ternyata laris manis. Si Bujang adalah anak tertuanya. Sejak kecil ikut berjualan, tapi masih tetap sekolah. Sekarang duduk dikelas 2 SMP. Wah sama dengan Fiki. Aku tepuk punggung si Bujang, memuji kerendahan hatinya menolong orang tua dan aku support dia untuk terus sekolah.

Tak jauh dari kami lima orang anak usia SMP digiring polisi karena ngebut dijalan tanpa SIM dan Helm.Wah ironis sekali pemandangan ini. Ada apa pagi ini kami diperlihatkan contoh yang terjadi di masyarakat tentang 2 sisi yang berlawanan dari remaja abg.

13 comments:

Dhona said...

Btw, ini ketoprak di depan RS mana? Jadi pengen nyobain.

abdul syukur said...

sorry I helped to establish the link, the website is very good and very useful article. good luck and success always.
Cara Mengobati Miom Tanpa Operasi

obatherbal batukdarah said...

salam sejahtera untuk agan agan semua semoga bahagia selalu, artikel yang agan sajikan sangat menarik dan enak dibaca senang bisa berkunjung kesini

obatherbal untukginjal said...

salam kenal untuk agan agan semua semoga bahagia selalu, artikel yang telah disajikan ini sangat menarik dan enak dibaca senang bisa berkunjung kesini

obatherbal gagalginjal said...

post yang bagus min, adminnya sangat hebat saya kagum

obattradisional darahkental said...

poin indah sama sekali, Anda hanya menerima merek baru reader. Apa yang akan Anda sarankan dalam hal posting Anda bahwa Anda membuat beberapa hari lalu? Apa tertentu?

CARA MENGOBATI MATA KABUR SECARA ALAMI said...

nice post

obatherbal kencingdarah said...

saya kagum dengan karya kecil anda ini karena benar benar sangat menginspirasi

hilman awaludin said...

steady once the information, thank you yes, Greetings and healthy always, I also had an interesting article, please visit:
obat herbal vig power capsule

Eye Care Softgel said...

makasih nih untuk artikelnya

Obat BAB Berdarah Anak said...

Terimakasih, Semoga Bermanfaat

Bodet Bey said...

thank you for this article is provided, hopefully benefit

Obat Benjolan Di Vagina

Anonymous said...

আমরা মাদক প্রদান একটি ড্রাগ যে দেওয়া হয় এবং বীজ রোগ সম্পূর্ণভাবে নিরাময় করতে পারে ব্যবহার করে বিভিন্ন স্বাস্থ্য সমস্যার সমাধান করার জন্য.

Obat Epilepsi
Obat Jantung Bocor Anak
Obat Lipoma
Obat Gerd
Obat Herbal Alami