Mar 18, 2008

Naluri Lelaki

. Awalnya sulit sekali membiasakan dirinya untuk lepas dari diapers. Ada taktik untuk membuat Faiz bias buang air kecil sendiri yaitu dengan mengajarkan cara buang air yang menyenangkan. Waktu “burung”nya dikeluarkan Faiz disuruh jongkok setelah diberi contoh. Lama baru air seninya keluar. Kadang ga keluar tapi ketika mau dipsangkan celana eh muncrat. Taktik berikut dengan mengarahkan selang kesegala arah dan mengumpamakan selang itu tempat keluar pipis. Sepertinya berhasil karena Faiz keliatan antusias . Acara pipis dimulai dengan kucuran pertama kearah samping. Lalu Faiz diberi pujian bahwa dia hebat. Berikutnya airnya muncrat kearah atas membasahi baju. Lalu yang berikutnya Faiz sudah bias mengendalikan kesegala arah. Akibatnya jika mau pipis Faiz ambil ancang-ancang akan membidikkan kemana. Kadang kedinding. Kloset, bahkan ember. Masih dibiarkan saja sampai Faiz terbiasa mengatakan akan pipis.

Semua sudah berjalan lancer dan acara pipis tidak menakutkan, hamper tiap saat Faiz minta pipis. Dan setiap itu juga Faiz berhasil tanpa membasahi karpet ,lantai atau kasur. Sekarang juga sudah bias membuka celananya sendiri seluruhnya atau sebagian saja. Hanya saja seteleh sukses toilet training ada dampak buruknya juga. KArena setiap habis pipis dikamar mandi Faiz juga akan mengancam kakak,abang dll dengan “senjata”nya. Waduh kok jadi salah didik ya. Bukan saja pada saudarnya yang dirumah, jika usilnya kumat jika ada tamu pun Faiz akan mengancam” pipiskan!” sambil mengacungkan “senjata” nya.

Suatu hari karena bosan mengejar-ngejarnya terus abang Fikri membiarkan saja Faiz tanpa celana. Kebetulan Ika anak tetangga sedang bertandang kerumah. Mungkin Ika haran apa yang “dimiliki” Faiz maka Ika langsung mencomot dan menariknya.
Nah lo kapokkan? . Sejak itu Faiz mungkin benar-benar kapok. Jika habis pipis jika ada orang lain pasti buru-buru pasang celana Karena malu. Tapi tidak untuk bang Fikri dan kak Fira.

Entah karena kebetulan atau bukan, Faiz memang agak terlambat dari anak sebayanya. Mulai jalan saat usia 17 bulan tapi langsung lari dengan benar berlari seperti anak usia 7 tahun.Siapapun yang mengejar pasti kewalahan. Bebas diaper juga lama yaitu usia 3,5 th. Cara berbicara juga masih belum jelas. Mungkin karena anak bungsu makanya sering diperlakukan seperti bayi saja. Usia segini belum mau tidur dikamar sendiri masih mau gruntelan sama ortu. Pegang rambut atau apalah pokoknya ngumpet diketiak. Berbeda dengan kedua kakak , bisa pipis sendiri, jalan,bercakap dan tidur dikamar sendir pada saat biologi clock alias usia yang sebenarnya.

2 comments:

Azzah said...

hehehe lucu ya si faiz, mkn benar karna bungsu itu ya mbak

Um Ibrahim said...

memangnya udah pasti Faiz jadi yg bungsu ? ;)