Oct 3, 2006

Masa PUBERTAS

Suamiku puber ke 2? yee bukaaaan
Ini soal si calon abegeh ku yang culun dan kocak


Menurut Dr Arif Rahman, fase-fase anak menurut usianya:
1. Dibawah 5 tahun : Penghibur hati
2. 6-10 tahun : Kawan
3. 11,12 -belasan : Jadi lawan
4. 20 an : Penolong


Jadi dari kelompok diatas kami sedang melewati 3 bentuk dan harus bisa menyesuaikan dengan tingkah laku anak.
Tak heran kalo Fikri sekarang jadi suka membangkang dengan cara menghempas pintu,menggebrak lemari... wadow kalo liat itu pengen rasanya menjewer kupingnya. Tapi tidak boleh ya harus dengan pengertian lemah lembut... We will try...to be a good parent.
Itu kalo masalah marah-marahan, nah kalo soal biologis ? ini juga yg membuat aku sering gugup kalo ditanyai macem-macem.

PR sains sebelumnya disuruh mengisi daftar tanda-tanda pubertas laki-laki (krn doi laki-laki, kalo anak perempuan ditanya soal perempuan juga), jadilah aku objek wawancara dan aku menjawabnya sambil mikir lamaaa dulu. zz zz zz
......adalah..... a. ada jakun b. suara membesar c. dada/bahu melebar d. tumbuh kumis
" lalu apalagi Mam" desak Fikri
" Sudah tulis itu saja" jawabku
"rambut kemaluan ?"
" nguiiiing"!!!!
Nah yg ini aku kan masih blom tega neranginnya, tapi gimana lagi dia sudah tahu duluan sebelum aku ngasih tahu...
Aku tanya lebih jauh apalagi yang dia ketahui.. oalaaah rupanya anakku ini memang udah abg, dia menjawabnya dengan lancar tanpa terkesan porno tapi murni sains (mungkin gurunya neranginnya gamblang dan lugas. tidak mengandung lucu-lucuan) .

Tapi malam ini aku dibuat geli oleh percakapan Fikri dan adiknya
" Fir, abang sekarang udah baliq tadi abang mimpi basah"
" Mimpi basah itu apa" tanya Fira
" Celana abang basah waktu bangun"
" oh ngompol"
" hh eh"
"kaya' Faiz dong kalo gitu Faiz juga udah baliq" tanya Fira lagi
nah ini yg harus ditengahi, aku menegur Fikri jangan cerita itu sama adiknya sebaiknya sama orang tua (betul gak sih)
Aku tanya mimpinya apa dan basahnya seperti apa?
ah ternyata keringat, bukan sperma dan gak mimpi apa-apa. Syukurlah............ lho kok? iya aku belom siap ...
Dan dari gejalanya sih emang belum baliq...wong masih suka ngelendot nyium kelek. Kalo sekolah masih disisirin, kalo gak rambut awut-awutan gitu PEDE aja lagih..

Lagi-lagi aku tersentak oleh pertanyaan Fikri seperti habis sahur ini.
" Mam, abis mandi wajib ya?" tanya Fikri, melihat aku menggulung handuk di kepala
" Lho, nanyanya kok gitu?" aku stres
" Kata guru agama Fiki, kalo perempuan habis halangan, mandi wajib dulu baru puasa" jelasnya
" Oh i-iya benar kata guru agama"
hihi aku udah ngeres aja

8 comments:

Nia said...

Abang Fikri mulai masuk masa pubertas nih :)

Gege said...

Waaaaa...
gaswat gaswat...
si bunda dah keringetan dingin mulu yah bun?..:)

liza said...

whaha... daku juga ikut ngeres mba.. deg deg an aja gimana ya klo anak udah mulai nanya tentang itu.. aduuhh... be ready deh! :D

eva said...

hihihi... iya ya ngompol juga kan mimpi basah, basahnya pipis
punya anak cowok serem juga ya mbak ngasih sex education-nya mo gimana...
semoga anak2nya yang mulai gede selalu terjaga dalam pergaulan ya mbak, amien

silvy nugroho said...

he..he...bukan mbak ewi aja yg berpikiran ngeres...aku juga...hi..hi...abis kalo dah berurusan ma mandi besar suka "aga-aga" malu padaal kann...:)palagi ini yg nanya anak yaa...waahh musti siap-siap juga nih denger pertanyaan kek gini kalo azka dah gedean...

Bunda Faikar said...

hahaha....ternyata kalo anak sudah besar pertanyaannya seru dan serem juga ya kehkehkeh harus persiapan dari sekarang nih...;))

lita uditomo said...

iya ya, mbak..emang seru punya abg cowoq..pertanyaan2nya kadang susah dijawab..

aku pernah ditanya bimo waktu nonton tv "kondom itu apa sih?"
dijawab sama mas budi "itu bwt birth control"
duh, untung bimo ga nanya lbh lanjut.
kalo nanya lagi "emang cara makenya gimana ? dimakan ya ? kok ada rasa strawberry pisang segala ?"...*gubraks* :D

btw, tks banyak doanya bwt Rizki. tukeran link yuk biar bisa tukeran ilmu..;)

Tina said...

hehe.. lucu..

Lam kenal dan makasih ya Wie, dah mampir..

Salam..