Jun 5, 2006

PHOTO BOX




Photo Box!
Mainan apa pula itu? atau sejenis makanan , enggak ding masa foto dimakan, istilah lain pas photo 'kali.

Dalam sebuah iklan shampo beberapa remaja sedang ber pose hendak di foto terganggu dengan gerakan menggaruk salah seorang temannya. Dalam iklan yang lain seorang remaja bercerita saat ber foto rame-rame mukanya belang-belang berminyak dst... dst...
Dari sanalah terjawab photo Box itu apa............
Enam tahun yang lalu saat berlibur sekeluarga di Jkt, di pusat-pusat perbelanjaan spt WTC Mangga Dua, Atrium Senen, dll bermunculan kotak-kotak yang selalu dikerubungi para ABG. Jualan apa sih didalam pikir ku. Tapi karena dinding luarnya ditempeli aneka foto dalam bermacam gaya, maka aku menduga-duga kotak ini tempat membuat pas photo kilat seperti dikampung ku dulu. Foto hitam putih yang lama-lama menguning. Kalau dulu itu kotaknya lusuh dan kusam plus seorang fotgrafer, yang sekarang lebih gaya dengan hiasan tokoh-tokoh kartun. Fikri yang waktu itu masih TK menanyakan perihal kotak tsb yg digambari Mickey Mouse. Dia pengen masuk krn dikiranya didalam ada si Mickey.Mo minta tanda tangan kali yah.
Tapi urung krn gak ada waktu berebutan dg para ABG. dan semuanya sudah terlupakan..
Lupa? Hmm tidak , ternyata dalam hati aku masih menyimpan hasrat terpendam untuk berfoto disana. (norak ih bukannya di studio spt Malibu atau apa)
Fikri saat masih balita dikelilingi bidadari
Persis seperti demam foto -foto di awal 90 an,yg di foto menjelma bak foto model, yg jerawatan jadi mulus yg hitam bisa putih serta latar belakang kanvas yg di buat buram. Tentunya aku yg waktu itu masih sangat PD klak-klik bergantian teman-teman, dan hasilnya masih terpajang di dinding rumah ortu. Sekali-sekali si emak masih muji-muji ke kawan-kawannya kira-kira "keren kan anakku" kik kikk kik
Dua tahun lalu saat Mall pertama hadir di Pekanbaru, kotak-kotak tsb ada disini ! Disudut -sudut studio foto, kesannya agak diekslusifkan tdk spt yg di Jakarta yg diletakkan ditengah lalu lalang pengunjung. Duh jadi pengen di foto nih ... Tapi apa kata dunia 'kalo aku harus nanya-nanya dulu dan minta di ceklekin. malunya ituuuu.
Yang pastinya sistim foto itu pake camera digital (eh masih dugaan kan belom liat).
Camera digital ? (flash back lagi)
Th 99 Kami sekantor jalan-jalan ke Istanan Siak diperjalanan mampir diladang minyak Zamrud. Karena memang sudah diinformasikan akan berkunjung kami disambut Bapak-Bapak yg sedang bertugas. Pidato-pidato dan memperkenalkan nama pipa-pipa , fungsinya serta hasil produksi sehari dan tidak lupa jepret-jepret. Salah seorang Bapak peg CPI mengajak foto bersama.
Kami mengatur barisan u/di foto bareng (yg rapaat dempet dempet biar semua kebagian) Tuh orang slow aja gak maju mundur seperti biasanya kalau anggota banyak, tukang foto mundur dan mengatur lensa puter balik. Dan anehnya lagi dia kok tidak mengintip ke jendela disudut kamera tapi sebuk menatap punggung cameranya , (jadi gak nih difoto).
Kami yg terdiri dari mamak-mamak dan nona-nona mulai resah dan berbisik-bisik,
" Sudah Bu, ini ibu mau lihat hasilnya" sahut si Mat kodak sambil senyum-senyum.
Berebut kami melihat ( sambil tarik-tarikan rambut ehek ehek,,..) iyaah ada wajah -wajah berbagai arah pandang (aku dan tiga teman lain keliatan bingungnya)
Spontan bertanya " kapan dicetak"
Sambil senyum lagi si bapak menjelaskan akan mengirimkan lewat e-mail dan cetak sendiri, akhirnya kami berebut minta di foto lagi. ada yang disamping pipa segede drum, dibelakang generator dan dibawah apa ya kaya'gardu listrik gitu. Besoknya e-mail kami penuh dengan foto yg lagi cengengesan..
Back to photo box..zzz zz zz ^_ ^
Teman teman di kantor cerita soal anak-anak mereka yg berphoto box ria membuat aku makin penasaran, tiap melewati box tsb ngintip-ngintip dan melihat contoh-contohnya didinding wih seru juga. Karena sudah mak-mak ini yg bikin segan. Mosok si Mbok mau photo box juga.
Kesempatan itu datang Kami sekeluarga,nenek, sepupu , keponakan, pembantu pokok e sekampung)minggu kemaren ke Mall. Itu dia si box yang bikin benasaran. Disana box nya di letakkan ditempat terbuka , kebetulan ada pasangan yg tanya-tanya bagaimana cara mengoperasikannya - nguping deh.
Pas lagi ngaduk-ngaduk di hypermart, aku & Fira kabur menuju... Photo Box. ('abis kalo pamit dulu takut diketawain ma rombongan)
Begitu masuk didalamnya ada kaca sebagai pengatur bgmn gaya yg akan ditampilkan (keren atau culun) .
Gak perlu malu-malu kucing krn gak ada yg ngliat & diatur ma fotografer. Supaya tatapan mata mengarah ke kamera pandangi titik seperti lobang pengintip di pintu. Disitulah kameranya tersembunyi. Jika gaya udah pas injak pedal di lantai, anggap aja lagi nginjak mesin jahit. lalu bunyi "ckliik " dan hasilnya muncul sekilas dikaca.
Diantara dinding ruang dalam dan luar terdapat komputer dg layar menghadap keluar. Jk tdk ada costumer ditutup jd kaya' dinding aja. disamping dekat pintu masuk printer yg akan mencetak hasil foto. Srooot dapat 1 lembar print out seukuran 5 R berisi delapan gaya.Heheh kecentilan ya.

1 comment:

BundaZidan&Syifa said...

ewie, kunjungan balik nih, aduh itu kucingnya lucu amat.. siapa namanya :D